Home Entertainment Musik Alunan Musik Lewat Mulut

Alunan Musik Lewat Mulut

3
0
SHARE

“Beatboxing, sebuah keahlian menirukan jenis alat musik melalui mulut hingga menjadi suatu instrument yang menarik untuk didengar dikalangan anak muda sekarang.”

 

Oleh Bagus windaryoko

Jika awalnya adegan film yang sering menampilkan keahlian seseorang menirukan suara drum atau sejenisnya melalui mulut, kira-kira begitulah gambaran dari beatboxing. Beatboxing juga lebih dikenal dengan vokalisasi suara perkusi yang memproduksi drum, beats, rhythm, dan suara musikal lainnya lewat mulut. Dan beatboxing juga sangat terkait dengan budaya hiphop. Budaya yang dipopulerkan di negara Eropa sana. Diantaranya yang lebih berjasa atas kelahiran seni ini adalah Kenny Muhammad, dan Matisyahu. Untuk Indonesia sendiri ada Iwa K dan Fade 2 Black. Inilah awal munculnya sebuah comunitas beatbox ini, seperti comunitas yang satu ini yang mempunyai anggota di penjuru daerah di Indonesia. Indonesia beatbox and community sebuah wadah yang dibentuk oleh beberapa orang yang cinta sekali dengan music R&B atau HipHop. Billy dan Tito merupakan pendiri awal dari  comunitas ini yang bermarkas di Taman Menteng.  Ditemui saat sedang melakukan latihan bersama anggotanya billy dan Tito yang juga sebagai pendiri pertama komunitas beatbox ini akan memberikan sedikit gambaran tentang Beatboxing. Berikut wawancara saya dengan para anggota beat boxing ini.

Sejarah singkat lahirnya beatbox itu sendiri, menurut anda?

 

Beatbox sendiri muncul sebagai sebuah music pengiring dan sebagai ornament pesta Rep. Yang di Indonesia sendiri sering di bawakan oleh Iwa K. Dan pertama kali muncul tahun 1200 yang mulanya peniruan vocal lewat instrument alat musik. Dan beatbox sendiri muncul setelah R&B muncul terlebih dahulu. Dan sebutan dari pemainnya itu sendiri ialah Human beatbox dan influencenya sendiri muncul sejak Iwa K membuat album yang diremix dengan ketukan alat musik lewat mulut. Dan culture beat box mulai muncul ketika album Iwa K mulai di pasarkan.

 

Perkembangannya di Indonesia gimana?

 

Perkembanganya pertama kali di Eropa, sekitar tahun 1200. Ketika abad 21 mulai yang namanya ketukan musik dan disitulah awal mulanya HipHop mulai bermunculan. Dan beatbox sendiri saat itu sebagai ornament musik HipHop. Sejak tahun 1982,1990 sampai 2000 mulai bekembang berkat revolusi teknologi yaitu internet. “Jadi menurut gw, lebih banyak yang tau tentang komunitas ini”. Pada umumnya beatbox ini hanya dimengerti oleh kalangan para Reper sejati. Musik beatbox itu sendiri adalah asosiasi human beatbox yang bertemu lewat internet juga dari teman ke teman. “setidaknya kalo lo mau bisa beatbox lo harus punya mulut sama paru-paru walaupun suara lo jelek itu juga ga bakal berpengaruh” ujar Tito (sambil tersenyum).

 

Kalo perkembangan beatbox yang ada di Jakarta sendiri gimana?

 

Untuk komunitas kita juga banyak ada yang dari daerah luar Jawa yang sering berkunjung kemari. Dengan tujuan berlatih bersama atau mengundang kalo sedang ada acara. Dalam upaya memperluas jaringan komunitas ini kita juga membuat blog atau facebook yang fungsinya untuk membantu para anggota yang ada diluar daerah untuk saling berbagi dengan komunitas lainnya. Dan di facebook sendiri sudah ada sekitar 1600 anggota. Dan kita juga mempunyai situs yang bisa dikunjungi yaitu www.indonesiabeatboxandcommunity. Tapi ada juga yang tertarik dan mau belajar beatbox dan datang kesini tiap malam kamis sekitar pukul 9 malam.

Tujuan communitas beatbox itu sendiri, menurut anda?

 

“Mungkin namanya komunitas yang sering kumpul bareng dengan kesamaan kesenangan dan juga hobby yang sama, minimal itu aja dulu soal kedepannya nanti belakangan” ujar Arya (anggota komunitas ini).

Untuk pengalaman yang paling menarik saat membawakan musik beatbox?

 

“Pengalaman saat gw menekuni beatbox ini, waktu itu gw ditentang oleh keluarga. Karena dilihat tidak bermanfaat” ujar billy (pendiri komunitas ini). Tapi yang lebih berkesan ketika penonton tersenyum dengan apa yang telah kita bawakan.

 

Harapan kedepannya melalui komunitas beatbox ini?

 

Kita ada rencana membuat sebuah kompetisi beatbox bersifat nasional. Dan kompetisi itu diadakan pas acara ulang tahun komunitas ini, sekitar tanggal 30 oktober. Dan waktu kemarin kita juga sudah mengadakan kompetisi di EX Plaza yang dihadiri banyak human beatbox dari daerah. Yang terpenting ialah dari komunitas ini tercipta sebuah lagu dan human beatbox yang berkualitas. Dan komunitas yang ada di daerah sana bisa memperbanyak anggota agar musik di Indonesia ini masih terus bangkit dan berkarya. Kita juga ingin musik beatbox dapat dihargai oleh para pecinta musik di Indonesia. Walaupun komunitas ini hanya di isi oleh sebagian anggota yang latar belakangnya beraliran musik R&B atau HipHop. Tapi kita masih bisa memberikan hiburan yang menarik untuk masyarakat luas.

Menurut anda aliran musik di Indonesia saat ini gimana?

 

Menurut gw, terserah dari pemusiknya itu sendiri ingin membawakan musik aliran apa, dengan gaya apa. Karena itu merupakan ekspresi dari pikiran bermusik mereka. Selama masyarakat hanya memerlukan sebuah hiburan. “Kalo untuk musik yang sedikit alirannya aneh, menurut gw piker-pikir lagi dulu sebelum muncul” ujarnya (sambil tertawa).